Wisata Pura Agung Blambangan Banyuwangi

Trip banyuwangi 4 hari

Wisata Pura Agung Blambangan Banyuwangi

Wisata Pura Agung Blambangan Di Banyuwangi – Bagi para pecinta sejarah dan keindahan bangunan jaman dulu, disinilah tempatnya. Bertempat di kecamatan muncar , kurang lebih 30 km dari Banyuwangi. Peninggalan purbakala “umpak songo” serta pelabuhan ikan muncar tidak jauh dari pura agung blambangan ini. Pura ini selalu ramai dikunjungi umat hindu dari berbagai daerah, di pura ini pula biasanya upacara kuningan yang diadakan umat hindu sebagai kemenangan dharma di pusatkan di pura ini.

Pura ini sangatlah penting bagi umat hindu di indonesia, selain tempat bersejarah, pura ini juga adalah tempat suci yang disakralkan. Banyak para orang beragama hindu dari luar pulau jawa yang datang hanya sekedar berwisata religi, melainkan juga para turis asing yang ingin melihat keindahan struktur pura.

Obyek pertama yang dikunjungi adalah Pura Agung Blambangan yang terletak di Desa Tembok Rejo kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi. Pura ini merupakan Pura terbesar kedua di pulau Jawa setelah Pura Gunung Salak, yang terletak di Jawa Barat, dan Pura Agung Blambangan tersebut terbesar dibandingkan 92 buah pura lainnya yang ada di Banyuwangi yang telah diresmikan 28 juni 1980 silam tepatnya hari sabtu wuku Kuningan yang bertepatan dengan hari raya Kuningan.

Pura Agung Blambangan memiliki hubungan yang sangat erat dengan kerajaan Blambangan yang bercorak Hindu di Banyuwangi itu. Kerajaan Blambangan adalah kerajaan yang berpusat di kawasan Blambangan, yaitu di sebelah selatan Banyuwangi atau yang lebih dikenal dengan Alas Purwo. Raja terakhir yang menduduki singgasana adalah Prabu Minakjinggo. Kerajaan ini telah ada pada akhir era Majapahit.

Bagaimana? Berminat wisata religi di Pura Blambangan?
Ayo singgah ke BANYUWANGI dan temukan hal-hal menarik di kota Banyuwangi…!!!

WISATA PANTAI PLENGKUNG BANYUWANGI

Satu lagi tempat wisata pantai yang menarik di Banyuwangi adalah Pantai Plengkung atau yang juga disebut dengan G-Land. Bagi anda yang hobi berselancar, disinilah tempatnya. Pantai ini sangat terkenal dengan dahsyatnya ombak yang menggulung-gulung.

Baca Jua: Paket Wisata ke Taman Nasional Alas Purwo / G-Land

Wisatawan dari berbagai daerah dan negara datang kesini untuk menikmati surfing di The Seven Giant Waves Wonder ini. Julukan ini diberikan karena ombak di pantai ini berbentuk tujuh gulungan besar dengan ketinggian mencapai 6 meter. Ombak di pantai ini juga disebut sebagai ombak terbaik kedua di dunia setelah ombak di Hawaii.

Saat terbaik untuk berselancar di Pantai Plengkung adalah antara bulan Juli – September, meskipun ombak di sini bagus sepanjang tahun. Jika tak membawa perlengkapan selancar, Anda bisa menyewanya di sini, jadi tak perlu repot membawanya dari rumah.

Jika Anda kurang tertarik dengan kegiatan berselancar, tak perlu khawatir. Suasana tenang dan jauh dari keramaian membuat tempat wisata ini cocok bagi Anda yang mendamba liburan yang berkualitas. Terdapat hutan tropis yang mengelilingi pantai, Anda bisa melakukan trekking dan mengunjungi air terjun yang ada di dalam hutan. Pantai Plengkung dan sekitarnya tak akan mengecewakan Anda.

Baca Juga:

Home

Tour Kawah Ijen Blu Fire & Sunrise off Java

Explorer TN Baluran Africa Van Java

Harga Paket Wisata Banyuwangi mulai 200k /person all in

Daftar Harga Sewa Mobil di Banyuwangi Ter update

Carter Mobil segala jurusan dalam & luar kota / Shutle antar jemput Bandara, Hotel, Stasiun, Terminal dll

10 Destinasi Wisata di Banyuwangi Terpopuler Yang Wajib di Kunjungi